fbpx

Kenapa Harus Berlatih Jalan Dengan Robot?

July 26, 2019 by KlinikWijaya

Rehabilitasi stroke adalah proses terapi latihan spesifik yang bertujuan untuk mengembalikan kemampuan aktifitas seseorang setelah stroke sesuai dengan kondisinya. Dari berbagai ketidakmampuan yang terjadi setelah stroke, mengembalikan mobilitas terutama kemampuan berjalan menjadi fokus yang sangat penting. Dengan tujuan mengembalikan kemampuan berjalan sehingga tercapai kemandirian yang mengurangi ketergantungan dengan orang lain dan yang terpenting menumbuhkan rasa percaya diri.

Akan tetapi melatih pasien berjalan kembali setelah stroke bukan hal yang sederhana. Adanya kelemahan yang sering disertai kekakuan otot, akan makin menyulitkan keinginan untuk berjalan. Sejalan dengan haltersebut, kebugaran pasien post stroke akan menurun karena terlalu lama berbaring. Hal inilah yang akan menyulitkan dalam memulai latihan.

Prinsip rehabilitasi stroke adalah makin banyak bergerak aktif akan makin lancar fungsionalnya. Dengan semakin banyak berjalan akan terbentuk pola jalan baru,sehingga penggunaan energi juga akan semakin efisien.

Terapi jalan secara manual akan memerlukan waktu yang lebih lama, karena gangguan berjalan pasien stroke ini sangat kompleks. Untuk itulah sejak tahun 2013 Klinik Wijaya, memperkenalkan terapi robotik untuk membantu pasien post stroke mempercepat kemampuan berjalannya. Ada 5 keunggulan menggunakan robotik untuk memulihkan kemampuan berjalan seseorang :

  • Untuk orang-orang yang mempunyai otot tungkai yang masih lemah, tetap bisa latihan berjalan, karena berat badannya akan di topang oleh robotik. Setiap saat besarnya beban sanggahan akan dinilai secara komputerisasi, sehingga peningkatan kekuatan otot tungkai akan bisa di pantau terus.
  • Robotik akan membantu pasien dalam pola berjalan normal. Jika selama ini paska stroke, postur, cara berjalan tentunya tidak normal. Robotik terapi akan memulihkan kembali dan membantu pasien mengendalikan pola berjalannya kembali normal.
  • Pasien akan mampu lebih cepat berjalan, jika menggunakan Robotik, karena sesuai penelitian kemampuan pasien untuk berjalan normal paska stroke dipengaruhi oleh repetisi yang tinggi dan melibatkan semua otot tubuhnya. Jika tanpa bantuan Robotik, latihan jalan hanya mampu sejauh 1-50 meter karena pasien kelelahan. Dengan menggunakan Robotik pasien akan mampu berjalan sejauh 1000-1500 meter tanpa kelelahan. Inilah yang manjadi point penting berlatih jalan dengan Robotic.
  • Latihan dengan Robotik ini dilengkapi dengan monitor feedback dan games, sehingga pasien bisa mengetahui otot yang sedang dilatih, sejauh mana target tercapai dengan games tertentu sehingga latihan akan menyenangkan.

 

logo-klinikwijaya-gold-2

Klinik Wijaya adalah klinik terpercaya untuk rehabilitasi pasca stroke di Jakarta. Terletak di kawasan strategis Wijaya, Jakarta Selatan. Kami menyediakan program rehabilitasi yang mendukung kemandirian tiap pasien untuk meningkatkan kualitas hidup mereka setelah stroke.

Copyright © Klinikwijaya

Chat Sekarang