fbpx

Karyawan Kantoran Akrab Dengan Nyeri Punggung Atas dan Leher

July 26, 2019 by KlinikWijaya

Menjadi karyawan kantoran yang mengharuskan untuk duduk di kursi kantor dalam waktu yang lama, seringkali akrab dengan nyeri di bagian punggung atas dan leher. Ada hal-hal penting yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya nyeri dibagian punggung atas dan leher.

dr. Erik Setiawan, Sp.KFR Klinik Wijaya menjelaskan penyebab nyeri yang terjadi pada karyawan kantoran terbagi menjadi dua, yaitu stress psikis dan stress fisik “Stress fisik meliputi gangguan postur yang disebabkan oleh posisi duduk yang tidak ergonomis atau tinggi meja dan kursi yang tidak sesuai. Lalu, stress psikis yang terjadi karena beban pekerjaan yang dialami oleh karyawan cukup berat. Dua faktor ini dalam waktu yang lama akan memicu terjadinya ketegangan otot lalu menimbulkan nyeri punggung atas dan leher”

dr. Erik juga menjelaskan cara pencegahan nyeri punggung atas dan leher yang terjadi adalah dengan mengatur posisi duduk yang ergonomis. Ketika duduk di kursi, posisi lutut harus 90° dan telapak kaki menyentuh lantai. Ketinggian meja juga harus disesuaikan dengan posisi siku yang membentuk 90°. Dibandingkan dengan penggunaan laptop yang mengharuskan pandangan ke bawah, lebih ideal jika menggunakan komputer (desktop pc) agar pandangan mata mata yang sejajar mencegah leher menunduk dalam waktu lama sehingga menghindari ketegangan otot yang terjadi di leher.

logo-klinikwijaya-gold-2

Klinik Wijaya adalah klinik terpercaya untuk rehabilitasi pasca stroke di Jakarta. Terletak di kawasan strategis Wijaya, Jakarta Selatan. Kami menyediakan program rehabilitasi yang mendukung kemandirian tiap pasien untuk meningkatkan kualitas hidup mereka setelah stroke.

Copyright © Klinikwijaya

Chat Sekarang